Senin, 16 Januari 2012

Robin Lim - Pahlawan Tahun 2011




Los Angeles (CNN) - Robin Lim, seorang wanita Amerika yang telah membantu ribuan perempuan Indonesia yang miskin untuk kehamilan yang sehat juga kelahiran, minggu malam mendapat penghargaan Pahlawan Tahun 2011 versi CNN.

Melalui kliniknya "Bumi Sehat", menawarkan Robin atau oleh penduduk setempat lebih dikenal dengan sebutan "Ibu Robin", memberikan perawatan secara gratis sebelum melahirkan, layanan persalinan dan bantuan medis di Indonesia, dimana banyak yang tidak peduli dengan keluarga tidak mampu.

"Napas pertama setiap bayi di Bumi, bisa menjadi salah satu kedamaian dan cinta. Setiap ibu harus sehat dan kuat setiap melahirkan dengan merasa aman dan nyaman. Tetapi dunia kita belum ada di sana" kata Lim saat memberi pidatonya di acara CNN Heroes yang berlangsung di Shrine Auditorium di Los Angeles. Selain Robin Lim, ada 10 orang lagi yang mendapat penghargaankan malam itu. 

Banyak wanita di negara berkembang tidak memiliki akses terhadap kontrasepsi atau perawatan ibu. Menurut Nations Population Found Serikat, tiga dari lima perempuan melahirkan di Asia Selatan melakukannya tanpa bidan terampil.

Di Indonesia, rata-rata keluarga mendapatkan penghasilan setara dengan Rp. 20.000,- - Rp. 50.000,- per hari, menurut Dana Moneter Internasional. Tapi biaya pengiriman melahirkan di rumah sakit sekitar Rp. 650.000,- per kelahiran untuk umum, biaya bisa membengkak bila terpaksa dilakukan operasi caesar yang memakan biaya sekitar Rp. 7 juta lebih. Itu untuk kalangan menengah ke bawah.

Lim percaya tingkat kematian yang tinggi di Indonesia untuk ibu dan bayi disebabkan karena besarnya biaya yang harus dikeluarkan, yang tidak dapat dipenuhi ibu-ibu di Indonesia.

"Situasi bertambah buruk ketika bayi tanpa pengawasan, kelahiran telah menjadi dikomersialisasikan, dan ibu meninggal karena perdarahan setelah melahirkan karena mereka tidak bisa mendapatkan perawatan yang tepat" kata Lim.

CNN Hero of the Year dipilih oleh masyarakat setelah pemungutan suara selama 11 minggu pada CNN.com. Untuk menjadi seorang Hero bernama of the Year, Lim pribadi akan menerima $ 250.000. Di samping itu dia dan sisanya dari 10 Pahlawan yang  menerima penghargaan itu, masing-masing mendapat $ 50.000 karena masuk dalam 10 besar.

Ini adalah tahun kelima  CNN, dengan bantuan penghibur dan selebriti lainnya, memberikan pengahargaan untuk  menghormati orang-orang biasa yang mengubah dunia. Di antara presenter tahun ini adalah komedian Jerry Seinfeld dan George Lopez, aktor JR Martinez dan Chris Colfer, artis musik Ice Cube dan Will. I. Am, Model Christy Turlington Burns, mantan quarterback NFL Kurt Warner, dan aktris Laura Dern, Mary Louise Parker dan Sofia Vergara.

"Delapan tahun lalu, setelah melahirkan anak pertama saya, Grace, aku merasa bisa saja terjadi hal-hal komplikasi yang mengancam nyawa saya" katanya kepada penonton hampir 5.000. "Ini tiba-tiba sangat menakutkan, sangat cepat. Jika saya tidak menerima perawatan ahli di klinik bersalin rumah sakit,  maka saya mungkin tidak begitu beruntung. Harapan saya adalah bahwa setiap ibu di seluruh dunia memiliki kesempatan yang sama melahirkan selamat".
 
Lim menjadi bidan setelah kakaknya dan bayi kakaknya,  meninggal dari komplikasi selama kehamilan beberapa tahun yang lalu. Dia dan suaminya kemudian menjual rumah mereka di Hawaii dan pindah ke Bali untuk "menemukan kembali kehidupan mereka," katanya.

"Di Bali ia belajar dan membuat perubahan" kata Turlington Burns. "Dia membuka sebuah klinik, Bumi Sehat, sehingga ibu miskin dapat melahirkan dengan aman dan diperlakukan dengan bermartabat dan hormat. Dia telah melahirkan ribuan bayi, dan itulah sebabnya mereka menyebutnya 'Ibu semua Ibu"

Setelah diumumkan sebagai CNN Hero of the Year, Lim menangis menerima penghargaan dari host Anderson Cooper dan dengan terbata-bata membuat permohonan bantuan :
"Hari ini di Bumi kita, 981 ibu-ibu  akan mati dan besok lagi dan kemarin" katanya. "Dan aku meminta Anda untuk membantu mengubah hal itu. Kami bahkan tidak tahu berapa banyak bayi yang hilang, tetapi semua dari kita dapat membantu mengubah hal itu."

Sungguh Luar Biasa!.






sumber info : CNN



Tidak ada komentar:

Posting Komentar