Senin, 16 Januari 2012

Kecanduan Internet Seperti Kecanduan Alkohol Dan Narkoba


Remaja yang kecanduan internet, menunjukkan tanda-tanda perubahan otak yang mirip dengan mereka yang kecanduan alkohol dan obat-obatan.

Peneliti Cina menggunakan scan MRI, melakukan riset untuk melihat struktur otak dari 17 orang muda dengan "gangguan kecanduan internet" di Pusat Kesehatan Mental Shanghai dan membandingkannya dengan orang-orang dari 16 sukarelawan sehat.

Pada remaja yang kecanduan internet, scan menunjukkan perubahan pada serat materi putih yang menghubungkan daerah otak yang berfungsi untuk pengolahan emosi, perhatian dan pengambilan keputusan.

Penelitian lain telah menemukan perubahan materi yang serupa putih pada otak orang-orang yang kecanduan alkohol, ganja kokain, dan obat lain.

Para peneliti, dipimpin oleh Dr Hao Lei dari Akademi Ilmu Pengetahuan Cina, menulis dalam jurnal PLoS ONE : "Temuan menunjukkan bahwa integritas materi putih dapat berfungsi sebagai
pengobatan target potensial baru dalam gangguan kecanduan internet. "

Namun, temuan penelitian tidak dapat mengatakan apakah kecanduan internet menyebabkan perubahan otak yang terlihat dalam penelitian ini.

Beberapa orang mungkin sudah memiliki otak yang membuat mereka lebih cenderung menjadi pecandu.

Mengomentari penelitian tersebut, Dr Henrietta Bowden-Jones, seorang psikiater konsultan di Imperial College London, mengatakan : "Jenis penelitian ini mengeksplorasi perbedaan antara otak normal orang yang menderita kecanduan terobosan internet, karena membuat link neuroimaging yang jelas antara kecanduan internet dan kecanduan lainnya seperti alkohol, kokain dan ganja antara lain.

"Kami akhirnya diberitahu apa yang dokter dicurigai untuk beberapa waktu lalu, bahwa kelainan materi putih di korteks frontal dan orbito lainnya benar-benar signifikan. Otak orang-orang yang kecanduan zat-zat  seperti alkohol dan narkoba, juga sama seperti orang-orang yang kecanduan internet. Otak orang-orang yang kecanduan internet juga mempengaruhi tingkah laku seseorang yang berperilaku  seperti orang-orang yang kecanduan alko
hol maupun narkoba.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar